Minggu, 22 Mei 2011

Tugas Analisis Jenis Klasik

1.      Banyak ion-ion yang terlarut dalam air, misalnya air laut, sungai, limbah, ataupun dalam bentuk padatannya seperti pada tanah atau pupuk. Unsur logam akan membentuk ion positif atau kation dan unsur non logam akan membentuk ion negative atau anion.Metode yang digunakan untuk menentukan keberadaan kation dan anion tersebut dalam bidang kimia disebut….
2.      Sebutkan cara mengidentifikasi ion-ion berdasarkan sifat fisika secara modern !.
3.      Beberapa reaksi kimia yang digunakan dalam analisa kualitatif  adalah merupakan cara analisa secara kimia. Reaksi reaksi yang biasa digunakan adalah
4.      Pemisahan golongan –golongan logam dengan ecara H2S adalah berdasarkan atas perbedaan….
5.      Kation yang jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan warna biru adalah….
6.      Kation MnO4- jika dilarutkan dalam air akan memberikan warna ….
7.      Pada analisa kualitatif untuk uji pendahuluan salah satunya adalah dengan melakukan uji nyala. Urutan melakukan uji nyala yang benar adalah….
8.      Suatu sampel diperlakukan uji nyala ketika di bakar ternyata menghasilkan warna hijau kekuningan maka dimungkinkan pada sampel itu mengandung kation….
9.      Pada analisis basah dilakukan dengan cara melarutkan sampel dalam  pelarut yang tepat jika suatu sampel tidak larut dalam air maka urutan pelarut yang sesuai digunakan untuk melarutkan sampel yang benar adalah….
10.  Pelarut terakhir yang digunakan apabila pelarut yang yang sebelumnya tidak bisa melarutakan adalah air raja ( aqua regia ) yaitu campuran antara asam klorida dengan asam nitrat dengan perbandingan….
11.  Analisis kation memerlukan pendekatan yang sistematis umumnya dilakukan dengan 2 cara yaitu pemisahan dan identifikasi. Yang dimaksud dengan pemisahan adalah….
12.  Pada analisis kation, kation digolongkan menjadi beberapa  golongan, di bawah ini yang termasuk kation golongan 1 adalah….
13.  Pada golongan kation-kation yang tidak mempunyai pereaksi pengendap  adalah kation dengan golongan….
14.  Jika larutan terdapat perak maka uji identifikasinya dengan menambah larutan asam klorida, kemudian menambahkan lagi larutan amoniak berlebihan maka terjadi….
15.  Suatu larutan mendandung ion-ion K+, Na+, Ca2+, Ba2+, Fe2+, Zn2+, Ag+, Hg+. Larutan tersebut diberi asam encer berlebihan, maka akan terbentuk endapan….
16.  Suatu sampel diketahui mengandung kation golongan 1, penambahan K2CrO4 pada filtrat air panasnya membentuk endapan kuning, maka kation yang mungkin ada adalah….
17.  Endapan kuning akan terjadi bila gas H2S dialirkan ke dalam larutan…..
18.  Sulfida yang tidak larut dalam air tetapi larut dalam asam klorida adalah….
19.  Suatu larutan mengandung ion –ion Mg, Ba, Al dan Cu. Jika kedalam larutan itu ditambahkan larutan NH4Cl dan NH4OH yang terlebih dahulu mengendap adalah….
20.  Logam Zn akan mengendap bila pada larutan sulfatnya ditambahkan logam-logam…..
21.  Dari golongan 3 antara lain terdiri atas Al, Fe, Co, Ni, dan Zn yang bersifat amfoter adalah….
22.  Bila sejumlah serbuk putih dicampur dengan MnO dan H2SO4 dan kemudian dipanaskan maka terbentuk  uap  yang berwarna ungu. Bila uap ini dikumpulkan dalam larutan kanji maka timbullah warna biru tua , serbuk putih tadi kemungkinan adalah….
23.  Ion Fe3+ dan OH- bereaksi membentuk endapan yang berwarna….
24.  Untuk mengubah Fe2+ menjadi Fe3+ digunakan pereaksi....
25.  Untuk membedakan senyawa stanni dan stanno dapat digunakan reagen….
26.  Penambahan H2S untuk mengendapkan kation golongan 3 dapat diganti dengan....
27.  Kation golongan 4 yang sangat tidak larut dalam air adalah....
28.  Kation golongan 4 dipanaskan dengan NaOH 6 M akan tercium bau gas amoniak kation tersebut adalah...
29.  Pada analisis anion dari hasil pengamatan larutan ketika ditambahkan asam sulfat pekat dimungkinkan anion yang ada adalah….
30.  Pada analisis anion diamati suatu larutan ketika ditambahkan asam sulfat : bergelembung, uap ungu, dan berbau seperti H2S maka dimungkinkan anion yang ada adalah….
A.                                                      
31.  Suatu analisis anion ketika penambahan asam sulfat pekat dingin diperoleh hasil pengamatan perubahan warna dari kuning menjadi jingga, maka dari hasil itu anion yang ada adalah….
32.  Analisa anion dengan penambahan asam sulfat pekat melalui dinding tabung yang dimiringkan dengan sudut 30o dan terbentuk cincin coklat maka anion yang dimungkinkan adalah….
33.  Analisis anion dari hasil pengamatan sampel yang ditambahkan etanol yaitu tercium bau seperti buah-buahan, maka bisa diketahui anion yang mungkin ada adalah….
34.  Bergelembung, tidak berwarna, bau menusuk, asap putih pada udara lembab, lakmus biru menjadi merah
35.  Bergelembung, berwarna coklat , bau menusuk, berasap, lakmus biru menjadi merah adalah ciri-ciri anion....
36.  Jelaskan tentang analisa pendahuluan ketika melakukan pengamatan uji organoleptis dan pengamatan uji kelautan dan pH !
37.  Analisis kation meliputi pemisahan dan identifikasi jelaskan !
38.  Untuk memisahkan kation golongan 2 dengan kelompok kation lainnya maka kation golongan 2 diendapkan sebagai garam sulfida dengan konsentrasi ion H+ dibuat sekitar 0,3 M ( pH 0,5 ). Mengapa kondisi ini sangat penting ?
39.  Untuk pemisahan kation golongan 3 dipisahkan menjadi 2 sub golongan sebutkan dan beri contoh kationnya !
40.  Bagaimana cara melakukan uji anion :
a.    Sulfat
b.    Asetat
c.    Kromat
d.   nitrat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar